Kamis, 04 September 2008

Ramadhan dan Syahwat Duniawi


Syahwat merupakan suatu bentuk keinginan yang kuat terhadap sesuatu. Dalam Al Quran Surah Ali Imran ayat 14 disebutkan syahwat itu berupa wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak berupa emas dan perak, kuda pilihan (kendaraan), binatang ternak dan sawah ladang.

Ramadhan harusnya merupakan saat yang yang tepat untuk mengendalikan syahwat duniawi kita. Amalan-amalan yang banyak di bulan ini setidaknya mampu menekan syahwat kita. Ironisnya justru pada bulan ini syahwat kita malah diumbar secara terang-terangan. Masak sih ? apa buktinya ?

Syahwat makan :
Di luar Ramadhan kita jarang mengkonsumsi kurma, kolak, koktail, timun suri, blewah dan lain-lain makanan khas Ramadhan. Tapi coba lihat pada sore hari pada bulan ini. Di pinggir-pinggir jalan beterbaran pedagang-pedagang tiban menjual makanan-makanan tersebut. Di sekitar kampus UGM tercinta tiap sore muncul cewek-cewek cantik dengan dandanan menor dan busana seksi, keluar dari mobil-mobil mewah hanya untuk menjajakan koktail/es buah , kolak dan makanan pembuka puasa lain. Makanan dan minuman yang tidak pernah kita konsumsi di luar Ramadhan justru melimpah ruah dan membuat budget konsumsi kita bertambah. Padahal, apa yang dicontohkan Rasulullah shalallahu alaihi wassalam berbuka dengan kurma cukup menjadi renungan tentang kesederhanaan bagi kita. Kurma merupakan makanan yang paling sederhana yang bisa dikonsumsi masyarakat Arab pada waktu itu. Artinya dengan memakan kurma mengindikasikan kesederhanaan dalam hal makanan. Kenyataan yang ada sekarang, kurma yang merupakan makanan impor telah didatangkan yang tentu saja berubah dari makanan sederhana di Arab sana menjadi makanan mewah di bumi Indonesia tercinta.
Berapa harga satu kilogram kurma Mesir ? Sekitar Rp.20.000,-
Bandingkan dengan makanan asli Indonesia dan lambang kesederhanaan kita
Berapa harga satu kilogram singkong ? Sekitar Rp. 800,-
Berapa harga satu tandan pisang mas ? Sekitar Rp. 5000,- dengan 80 buah pisang.

Syahwat perhiasan :
Kapankah toko-toko emas itu mengalami jumlah pengunjung terbanyak ?
Pada bulan Ramadhan.
Berjubel orang berkerumun di toko perhiasan untuk membeli perhiasan terbaik yang bisa digunakan dan dipamerkan pada Hari Raya Idul Fitri.
Eiit itu dia…kan syahwatnya untuk Idul Fitri bukan Ramadhan ?
Bukan. Perhiasannya memang untuk Idul Fitri, tapi tetap saja syahwatnya muncul pas Ramadhan kan ? Hati seolah tergelitik, geli dan panas untuk berlomba memiliki perhiasan baru nan mewah. Itulah syahwat yang sulit terbendung di bulan suci Ramadhan.

Syahwat kendaraan :
Kapankah saat yang tepat untuk berganti atau membeli kendaraan baru ?
Betul, pas bulan Ramadhan. Hati tergelitik dan tergoda untuk berganti/memiliki kendaraan yang bisa dipamerkan ketika silaturahmi ke saudara-saudara atau kenalan pada waktu Idul Fitri.

Syahwat wanita :
Kapankah saat yang tepat berganti / bertambah istri ?
Hussss…..sorry. Bukan itu lagi pertanyaannya ! Sorry, terutama bagi pembaca wanita,..sorry !!
Kata kawan yang sudah menikah….sssst….ini rahasia….
Wanita akan terlihat lebih cantik ketika puasa.
Daya tarik wanita justru keluar saat puasa
Ah….masak sih…???
Yang bener aja…!!
Iyo opooo…?!?
…………………….
Uuuh…sial….siaaaal….!!!
Kenapa operator warnetnya hari ini terlihat lebih cantik ya…?!?

__________________________________________________________________

Sebenarnya pengin lebih panjang nulis ini. Tapi berhubung capek banget tadi siang casting film, jadi taksingkat aja ya…
Sebenarnya pertama dapet peran orang baik. Tapi kemudian diarahkan jadi orang licik dan oportunis banget. Mungkin co-directornya tahu aku berbakat kali ya, jadi dikasih peran watak antagonis begitu...ha...ha....
Seleksi selanjutnya langsung oleh director Eros Djarot. Kalau lolos, berarti jadi pengalaman pertama maen film. Kalo ga lolos berarti jadi pengalaman pertama casting film.

Tidak ada komentar: